Wednesday, April 22, 2015

Pilihan Dalam Hidup

Dalam menjalani kehidupan, kita selalu dihadapkan kepada pilihan. Pilihan itu dapat merupakan pilihan yang tepat maupun pilihan yang kurang/tidak tepat. Pilihan yang tepat akan menghasilkan keputusan yang memuaskan dan akan menimbulkan rasa bahagia, tetapi ketika pilihan yang diambil ternyata tidak tepat, akan menimbulkan rasa kecewa, tidak bahagia maupun putus asa.
Baik rasa bahagia, maupun rasa kecewa, semua akan mempunyai nilai positif jika kita mempunyai keyakinan bahwa semua itu ada yang mengatur, ada campur tangan Yang Maha Pencipta.

Kita coba berfikir dengan keyakinan bahwa sesuatu yang terjadi itu sudah ditentukan oleh Allah swt. Kita sebagai mahkluk yang diciptakan, tentunya tidak mempunyai kemampuan apapun karena semuanya yang terjadi adalah atas kehendakNYA, semua ada dalam genggamanNYA. Kita hanya diberi kemampuan untuk memohon/berdo'a  agar diberi kemampuan untuk berbuat sesuatu dengan izin dan ridhoNYA.
Jika pilihan kita ternyata tepat dan hasilnya sesuai dengan harapan kita, hal yang perlu dilakukan adalah mensyukurinya. Betapa kita telah diberiNya tambahan nikmat. Semoga ketepatan pilihan ini tidak menjadikan kita sombong dan beranggapan bahwa ini semua karena usaha kita dan lupa dengan adanya campur tangan Allah swt.
Dan jika hasil yang diperoleh dari pilihan itu ternyata tak sesuai dengan harapan dan keinginan kita sebagai pemohon, mari kita berpikir dan mengkaji apakah yang kita lakukan itu sudah sesuai dengan ketentuanNYA, apakah sudah dilakukan usaha yang maksimal? dan yang paling utama, kita harus berfikir bahwa ketentuan itu adalah sesuatu yang mungkin jika dikabulkan sekarang, merupakan waktu yang kurang tepat ( karena Allah Maha Mengetahui Yang Gaib dan Yang Nyata) sehingga perlu ditunda. Kesabaran kita sedang diuji, sabar dalam menerima sesuatu yang tak diinginkan. Jika ujian tersebut dapat dilewati, maka kita akan diangkat derajatnya disisi Allah swt.
Yakinlah bahwa Allah akan mengabulkan do'a kita pada waktu yang tepat dan cara yang tepat. Kuncinya apapun yang kita terima tetaplah harus disyukuri. Karena kalau yang kita terima tersebut sesuai dengan yang kita harapkan dan yang telah kita perjuangkan,berarti Allah memberikan kenikmatan tersebut tepat waktunya. tapi jika belum diberikan pada saat ini bearti Allah menentukan ini bukan saat yang terbaik. Kita harus menunggu dan berjuang lagi lebih giat. Dan Insha Allah, jika waktunya telah ditetapkanNYA, kemujuran tersebutpun akan menjadi milik kita.


No comments:

Post a Comment