Tuesday, March 24, 2015

HARAPAN BUNDA II

Melihat kembali ke belakang, alangkah singkatnya waktu yang telah dilewati. Membayangkan masa ke depan apa kira-kira yang akan terjadi?
Kembali kebelakang, hidup bagaikan yang berisi segala macam rasa. Rasa bahagia, senang, duka, galau, harap dan cemas. Semuanya pernah dialami oleh siapapun di dunia ini.
Tapi ternyata bermacam rasa ini tak membuat kita putus asa dalam menjalani hidup ini, malahan semakin membuat kita kuat dan bersemangat dengan harapan hidup berakhir khusnul khatimah.
Anak-anak yang disayangi membuat kita menjalani hidup ini dengan penuh semangat.
Mereka adalah anak-anak yang penuh semangat, penuh harapan dan cita-cita. Dalam ingatan ini, mereka bukan anak yang banyak tuntutan. Mereka termasuk anak-anak yang penuh pengertian dan menyenangkan. Memang terkadang kalau dibandingkan dengan anak-anak yang lain, ada persaan sedih. Sedih karena tak dapat memenuhi keinginan seperti layaknya anak-anak yang lain.
Hidup kami termasuk sederhana, tapi tak membuat kami nestapa. Segala keinginan harus melalui pilihan skala prioritas. Dan skala prioritas keluarga kami adalah pendidikan dan kebersamaan. Dan kami bersyukur ternyata kesederhanaan membuat anak-anak tahu bagaimana berbuat.  Mereka tak pernah memaksakan kehendak, berbuat sesuatu selalu melalui pertimbangan-pertimbangan yang logis. Dalam kesederhanaan kami, anak-anak mampu menempatkan diri pada kondisi yang nyaman.

Dalam hal kebersamaan membuat hubungan kami sangat dekat satu dengan yang lain.
Hubungan kami, orag tua dan anak selalu terjalin harmonis dan tak ada kata-kata untuk berhenti berkasih sayang. Dan kejadian-kejadian di masa lalu dijadikan sebagai perekat kasih sayang tersebut.
Ibu percaya hubungan kasih sayang ini semakin hari menjadi semakin dekat dengan kesadaran masing-masing akan memperbaiki diri, masing-masing akan selalu menjaga kasih sayang ini, saling mendo'akan, saling dukung dan saling berbagi.
Anak-anak sekarang mereka telah membina keluarga.  Ibunda do'akan semoga keluarga mereka selalu dalam Lindungan Allah swt, menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah, tak pernah lepas dari kasih sayangNYA, ridho dan ampunanNYA.
Semoga diberi kesempatan, diberi rezeki yang halal, berkah dan berlimpah,  kesehatan dan kemudahan dan menjadi tamu Allah. Kesuksesan dan keselamatn dunia wal akhirat, diberi anak keturunan yang shaleh dan shalehah, sehat jasmaniah dan rohaniah, dan diberi umur, kesehatan, rezeki dan kesempatan untuk beribadah kepadaNYA.
Ibunda tak mengharap balasan dari apa yang telah bunda laksanakan. Semua itu adalah tugas dan kewajiban sebagai orang tua. Ibunda tak berhak untuk meminta balasan karena ibundapun tak memberi lebih.
Harapan ibunda adalah menjadi anak dan istri yang sholehah, bertaqwa kepadaNYA, istiqomah, khusu', ikhlas, sabar dalam beribadah, perbanyaklah berbuat amal kebajikan dan melihat anak-anak tersayang hidup rukun dan bahagia bersama keluarga.  Rasa bahagia itu sudah menjadi balasan yang pantas ibunda terima.
Maafkan bunda yang tak dapat memberi lebih dalam materi, tapi hanya dapat berbagi  kasih sayang dan pengertian.

No comments:

Post a Comment