Wednesday, April 22, 2015

Sebagai makhluk sosial, kita tak pernah lepas dari hubungan timbal balik antara kita dan orang lain. Dalam hubungan ini, maka ada kemungkinan kita mendapatkan respon positif atau mungkin juga respon negatif.
Jika respon positif yang kita dapatkan, maka kita akan merasa bahwa tidak ada persoalan yang berarti dalam hubungan timbal balik tersebut. Tapi jika sebaliknya, yang kita terima adalah respon negatif, maka kita akan merasa bahwa ada permasalahan yang akan kita hadapi selama hubungan ini berlangsung. Apalagi jika dalam hal ini kita bertindak sebagai orang yang membutuhkan jasa,

Apa yang sebaiknya kita lakukan jika hal ini terjadi. Jangan cemas. Kita coba berlaku dan berfikiran positip.menghadapi keadaan ini.
Pertama-tama lakukan koreksi diri. Apakah kita sudah melakukan hal-hal yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kita harus jujur dengan keadaan yang ada. Mulailah mencoba berpikiran logis. Apakah ada kesalahan, kekeliruan yang telah kita lakukan. Tak perlu merasa takut, malu, jika sebab musabab kejadian tersebut ternyata berasal dari diri kita. Jika kejujuran tersebut sudah kita temukan , berusaha dan mencoba untuk memperbaiki kekeliruan tersebut, dengan jalan mencoba untuk memaafkan diri sendiri dan memaafkan orang tersebut. Buat hati kita tenang  agar ketidak nyamanan yang sudah terjadi dapat berubah menjadi sesuatu yang melegakan. Sadarilah bahwa tak ada gading yang tak retak. Tapi jangan biarkan ketidaknyaman menguasai hati. Berikan ruang untuk memaafkan.

No comments:

Post a Comment